Diposkan pada Jalan-jalan

Visit Batam Year 2010 dah…

 

Sebenarnya sudah lama saya ingin mengomentari soal ini. Pada gambar terlihat baliho Visit Batam Year 2010 terpampang besar di simpang jam, salah satu perempatan paling ramai di Batam ( Simpang Jam bias dibilang sebagai bundaran HI-nya kota Batam hehe…). Setiap hari saya selalu melalui jalur ini, dan pada malam atau sore hari pasti melihat baliho ini terutama kalo kena lampu merah. Kalau pembaca kepengen ke rumah saya belok kiri aja, jangan lupa bawa rantang.

Hmmm visit Batamnya tahun 2010, tetapi promosinya sudah dilaksanakan semenjak tahun 2008, jadi ada waktu 2 tahun buat persiapan. Tapi saya sendiri yang warga Batam ( Ya iyalah saya ada KTP Batam resmi dan bayar pajak !!! biarpun saya warga pendatang yang baru 6 tahun di sini ) merasa tidak ada persiapan yang berarti sama sekali dari infra struktur sampai dengan apa sih yang mau dilihat orang dari batam ? Wisata belanja ? Di Pusat kota Batam di daerah bisnis Nagoya dan Jodoh malahan terpampang baliho Visit Singapore yang lebih besar dengan jor-joran kalo belanja ya di Singapore …

Sempat pada waktu GP Formula 1 diSingapore bulan-bulan kemarin ada gembar-gembor bahwa Batam akan kebagian limpahan dari penonton GP yang tidak kebagian tempat tinggal, ternyata kita kecele mampir numpang lewat pun tidak banyak. Harus diakui pada kondisi sekarang Batam tak lebih dari kota transit orang-orang mau ke Singapura melalui jalan laut, terutama orang Indonesia yang gila belanja and gila merk luar ( tapi gak semua orang Indonesia lho… hehe kalo semua nanti saya dituntut).

Untuk wisata belanja sebenernya lumayan lho, di mall-mall kota Batam yang besar seperti Mega Mall Batam Centre yang deket sama Pelabuhan Internasional Batam Centre harus diakui banyak warga negeri jiran yang belanja baik kebutuhan sehari maupun pakaian yang sebenernya secara kualitas bagus,enak dipakai, modis dan murah. Tapi kalo kata orang kita kalo bukan merk luar negeri moh dah gak mau. Terus satu lagi tempat makan,seperti sea food dan lain-lain selalu ramai juga dikunjungi oleh tetangga kita. Terus terang saja ini sih buat orang yang udah tahu dan sering ke Batam… gimana yang baru pertama kali dating ? Banyak kesulitan sih, mulai dari transportasi, tarif taxi yang gak jelas (kecuali yang dah tau harga sama udah ada kenalan abang yang bawa taxi) Belum lagi warga Batam sendiri tidak tahu harus kemana? Anyway busway sampai ada jalur khusus buat busway tapi saya bingung mana nih bus-nya jadwalnya jam berapa sampai jam berapa ? Tarifnya berapa ?

Oleh-oleh khas Batam aja yang mau di bawa pulang bingung. Terakhir saya pulang kampong ke Palembang saya bawa brownies … Saya inget waktu pertama kali datang di Batam dan tinggal di hotel di sekitar Nagoya, saya ditanya udah nyicip pempek kolekta ? Itu pempek paling enak di Batam lho katanya. Gila saya merantau dari Palembang ke Batam sampai di sini ditawarin pempek ??? Tapi di sini memang susah mencari khas Batam karena Batam sendiri penduduknya beraneka ragam dan kebanyakan orang rantau Batak, Jawa, Padang, Palembang, Makasar. Penduduk melayu yang asli kebanyakan dipesisir pantai, penduduk asli Batam yang beretnis cina rata-rata berasal dari pulau sekitar seperti Bintan,Karimun. Jadi bener-bener full color
deh.

Kesimpulannya…Kalo mau 2010 Batam rame pengunjung sebaiknya mulai dibenahin dari sekarang deh, ya oleh pemerintah, ya oleh kita sebagai warga Batam. Jangan promosi yang gede-gedean makan uang banyak yang nota bene uang yang kita setor sendiri jadi sia-sia dan gak mendatangkan manfaat buat kita. ( terakhir saya lihat pemko ganti kap lampu jalan warna putih dengan strip sesuai logo visit Batam Year 2010, heran deh padahal lampunya sendiri sering dimatikan pada waktu malam alasan hemat energy, pertanyaan lagi buat apa ??? Lampu mah dibuat untuk dilihat malam hari bukan siang ).

Don’t let all of our effort become useless… Suksesin Batam Visit Year 2010

Tinggalkan Balasan

